Senin, 30 April 2012

Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah


Perihal adanya kebijakan Dikti yang nantinya mewajibkan setiap calon sarjana harus menulis karya ilmuah, kemudian mempublikasikan dalam Jurnal untuk memperoleh gelarnya. Hal ini ditanggapi oleh Forbi Hima IAN dengan mengadakan pelatihan kepenulisan Jurnal Ilmiah dengan Tema "Skill dan Teknik menulis jurnal, sulitkah?" dilaksanakan di Ruang Ki Hajar Dewantara FIS pada Jumat 27 April 2012 kemarin. Kegiatan tersebut diharapkan mampu mendalami dan menambah kemampuan menulis para mahasiswa. Pembicara pada pelatihan ini adalah Bu Utami Dewi, MPP yang merupakan Dosen IAN  serta Pengurus Jurnal Socia.


Pada kegiatan tersebut, Bu Utami menjelaskan sebab pentingnya menulis ilmiah, tidak hanya karena ada kebijakan Dikti, tetapi juga karena mahasiswa sering mendapatkan tugas untuk menulis ilmiah dan tugas akhir skripsi mereka juga harus ilmiah. Dengan mendalami perihal  kepenulisan tersebut, mahasiswa dapat mengetahui apa dan bagaimana cara menulis karya ilmiah dengan baik dan benar.


Pelatian Kepenulisan ini juga membahas Plagiarisme yang sedang melanda dunia kepenulisan di kalangan mahasiswa. Plagiarisme adalah segala bentuk tindakan yang menyalin atau menduplakasi orang lain tanpa izin. Untuk itu, ditekankan pada pelatihan ini bagaimana menulis tanpa dicap oleh kalangan pendidikan sebagai plagiator. Hal itu banyak ditanyakan pada sesi diskusi, terutama mengenai penulisan daftar pustaka oleh mahasiswa untuk menghindari plagiarisme.

Sebelum Acara pelatihan kepenulisan ditutup, panitia memutarkan sbuah video berita yang bertema “Premanisme” untuk ditanggapi peserta agar dapat melatih kemampuan menulis mereka. Panitia memberikan waktu dua minggu kepada para peserta untuk menulis karya ilmiah berdasarkan video yang telah diputar. Hasilnya akan dikumpulkan pada pertemuan diskusi rutin Forbi selanjutnya. Selamat Berjuang Menjadi Penulis Handal. (septian)

3 komentar:

Posting Komentar