Kamis, 17 Mei 2012

Debat Sosial,Politik dan Budaya Tingkat SMA/MA/SMK Se-DIY tahun 2012



Untuk pertama kalinya HIMA ILMU ADMINISTRASI NEGARA menyelenggarakan kegiatan Debat Sosial Politik dan Budaya Tingkat SMA/MA/SMK se-DIY. Debat Sospolbud ini diselenggarakan pada hari Minggu, 13 Mei 2012 yang diikuti oleh 10 tim yang berasal dari :
1. SMA Negeri 5 Yogyakarta. (Bimo Satryo Wibowo, dkk)
2. SMA Bopkri 2 (Setyarini Dwi Ratna)
3. SMA 10 Yogyakarta (Irmina, dkk)
4. SMA 1 Wonosari (Elfi Husniawati, dkk)
5. SMA 2 Yogyakarta (Iqbal, dkk)
6. SMA 1 Pakem (Yustisi Kartika Putri, dkk)
7. MAN 3 Yogyakarta (Muhammad Nasih Ulwan, dkk)
8. SMA Bopkri 2 (Hengkin Kurniawan, dkk)
9. SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhammad Nu'man Muttaqi, dkk)
10. SMA 5 Yogyakarta (Ertia Medista, dkk)

Debat Sospolbud berjalan cukup panas karena masing-masing tim harus mempertahankan argumen mereka yang bertolak belakang, namun secara umum Debat Sospolbud berjalan lancar dengan bekal pengetahuan dari para peserta yang bisa dikatakan sama dengen mahasiswa. Berikut struktur pertandingan Debat Sospolbud HIMA ILMU ADMINISTRASI NEGARA :
1. SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta VS SMA 2 Yogyakarta dengan mosi "Dampak Kenaikan BBM Bersubsidi Terhadap Rakyat Miskin"
2. SMA 1 Pakem VS SMA 5 B Yogyakarta dengan mosi "Penganaktirian Pasar Tradisional dalam Kebijakan Pemerintahan"
3. SMA Bopkri 2 B VS SMA Bopkri 2 A dengan mosi "BLT Memberdayakan atau Membodohi?"
4. MAN 3 Yogyakarta VS SMAN 10 Yogyakarta dengan mosi "Jamkesmas, Kebijakan Kesehatan untuk Keluarga Miskin"
5. SMA 1 Wonosari VS SMAN 5 A Yogyakarta dengan mosi " Pergeseran Budaya Lokal sebagai Dampak Globalisasi"

Dari 10 tim tersebut diambil 5 tim terbaik yang kemudian berlanjut hingga 2 tim tersisa. Disela-sela pertandingan, panitia mempersembahkan Akustik dari mahasiswa IAN yang terdiri dari Septiana Nurdiatin, Galuh Purnomo, dan Muhammad Iqbal Fajri.Sebelum final, panitia memberikan penghargaan kepada SMA BOPKRI 2 (A) sebagai Best Article dengan judul "Pentingnya Pendidikan bagi Partai Politik". 

Juara 1 SMAN 5 Yogyakarta
Setelah hiburan, ishoma, dan penghargaan Best Article, akhirnya tepilih lah 2 tim terbaik menuju babak Final yaitu SMAN 5 Yogyakarta VS SMA 1 Wonosari dengan mosi "Gubernur Penetapan DIY". Kedua tim ini merupakan puncak pertandingan dari para peserta dimana prosesnya cukup panas, dan saling koreksi kesalahan lawan sehingga kurang terfokus, namun 2 tim tersebut merupakan tim unggul yang memang layak mencapai final. Terbukti dari argumen kuat yang berdasar dari keduanya. (daftar foto debat dapat dilihat disini)

Babak terakhir ini dimenangkan oleh SMAN 5 Yogyakarta sebagai Juara I dan SMA 1 Wonosari sebagai juara II Debat Sosiial, Politik, dan Budaya HIMA ILMU ADMINISTRASI NEGARA. (maretha)

0 komentar:

Posting Komentar