Sabtu, 14 Juli 2012

Semiloka Pengembangan Kurikulum Prodi Ilmu Administrasi Negara UNY


Bertempat di Ruang Ki Hajar FIS UNY, pada sabtu (14/6) Prodi Ilmu Administrasi Negara (IAN) UNY mengadakan Semiloka Pengembangan Kurikulum. Acara tersebut dihadiri oleh dosen-dosen prodi IAN, dosen-dosen jurusan pendidikan administrasi dan perwakilan mahasiswa dari angkatan 2008 hingga 2011. Semiloka Pengembangan Kurikulum dibuka secara resmi oleh Bapak Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag selaku Dekan FIS UNY.
 
Pada acara tersebut diisi dengan penyampaian materi oleh Dr. Falih Sueadi dari FISIP UNAIR dan Dwi Harsono, MPA dari Dosen Prodi IAN UNY. Dalam penyampaian materi, dijelaskan bahwa sebelum menyusun kurikulum, prodi harus menentukan dahulu kompetensi seperti apa yang diinginkan. Kompetensi ini yang akan mensinkronkan peran perguruan tinggi dengan dunia kerja terutama mengenai lulusan yang dihasilkan. Pembicara juga menyampaikan kritik mengenai kebanyakan prodi yang ada sering kali salah memasukkan mata kuliah ke dalam elemen kompetensi (seperti pengembangan keterampilan, perilaku berkarya, dsb). Oleh sebab itu, prodi harus membuat indikator dari setiap mata kuliah. Indikator tersebut yang akan menentukan matkul tersebut akan masuk ke dalam elemen kompetensi yang mana. Khusus mengenai Ilmu AN sendiri, banyak prodi Ilmu AN yang mengajarkan konsep sangat bagus namun dalam hal riil yang mestinya dikuasai oleh mahasiswa Ilmu AN sangat kurang. sehingga harus ada perbaikan-perbaikan yang mesti dilakukan.

Kurikulum yang saat ini diterapkan adalah KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi). Penyusunan sebuah kurikulum melalui proses yang sangat panjang. Prodi harus melihat dari sisi internal maupun eksternal. Dari sisi internal dapat dilihat dari analisis SWOT kemampuan Prodi dan sisi eksternal dari tracer study (need assessment dan market signal) yang kemudian membuat profil lulusan, rumusan kompetensi hingga proses akhir stuktur kurikulum dan silabus. Pak Falih menambah masukan kepada prodi IAN, beberapa unsur yang diperlukan untuk membangun kapasitas Ilmu AN diantara kapasitas kebijakan, organisasi dan institusi, keuangan dan lain-lain.

Semoga dengan acara Semiloka Pengembangan Kurikulum, prodi AN dapat membuat kurikulum yang lebih baik dengan meningkatkan kompetensi lulusan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar