Jumat, 30 November 2012

Kunjungan Akademik IAN ke Lembaga Administrasi Negara (LAN)


Salah tujuan Kunjungan Akademik Hima IAN lainnya setelah ANRI, adalah Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang berada di Jakarta Pusat. Kunjungan Rombangan IAN ke LAN disambut oleh Wahyu Adi selaku Perwakilan LAN. Lembaga LAN berdiri sejak tahun 1957 karena kebutuhan pemerintah akan pegawai negeri saat itu dan sistem yang ditinggalkan oleh Belanda dan Jepang tidak sesuai dengan kebutuhan RI yang baru merdeka. LAN memiliki visi untuk pengembangan system administrasi  Negara dan peningkatan kapasitas aparatur Negara.
 

peserta kunjungan mendengarkan penjelasan mengenai LAN
Peran LAN sendiri selaku lembaga Negara terdiri dari tiga yaitu Kajian, Diklat dan Pengembangan Ilmu Administrasi Negara. Salah satu Peran LAN yang penting adalah peran kajian dimana LAN melakukan penelitian administrasi Negara (seperti kelembagaan, sumber daya aparatur, otonomi daerah, pelayanan publik, hukum administrasi Negara, dll) dan mengevaluasi kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Hasil beberapa penelitian oleh ilmuwan LAN dan hasil kerja LAN dapat diakses publik di website LAN itu lan.go.id. 

Peran LAN saat ini diakui memang kurang greget, salah satu sebabnya adalah LAN tidak melakukan pelayanan secara langsung ke masyarakat tetapi ke instansi pemerintah. Serta, peran LAN sendiri yang hanya sebatas “policy advice” kepada presiden, sehingga rekomendasi-rekomendasi yang diberikan LAN tidak semua diambil oleh presiden, tergantung keputusan yang diambil.   

Peran LAN yang begitu besar menimbulkan pertanyaan dikalangan mahasiswa IAN, terutama mengenai fenomena yang terjadi saat ini seperti reformasi birokrasi, penyelenggaraan administrasi Negara di Indonesia dan peran swasta yang mampu mengubah birokrasi. Menurut Wahyu Adi, reformasi masih perlu dilakukan meskipun sistem yang berjalan telah baik, karena inovasi perlu dilakukan agar tidak ada kemandekan. Mindset aparatur Negara yang korup dan pelayanan yang tidak baik saat ini dilakukan dengan pendidikan moral dan percepatan pemberantasan korupsi. 

Kunjungan Akademik Hima IAN ke ANRI dan LAN, yang masih berada dalam paguyuban Pendayagunaan Aparatur Negara, diharapkan dapat menjadi pelajaran berharga bagi mahasiswa dan memperkaya informasi mereka mengenai Ilmu Administrasi Negara dan penerapan dalam penyelenggaraan Negara.

0 komentar:

Posting Komentar