Minggu, 17 Maret 2013

KONFERENSI NASIONAL III FORBI UI


Pada tanggal 11 Maret-14 Maret 2013 diadakan Konferensi Nasional Mahasiwa Ilmu Administrasi Negara seluruh Indonesia yang bertema “Hitam Putih Otonomi Daerah: Menyibak Perjalanan Implementasi Otonomi Daerah Negara Indonesia”. Acara ini bertempat di  Kampus Kuning Universitas Indonesia. Pada acara ini, delegasi UNY diwakili oleh 11 orang yang terdiri dari 3 tim yaitu besigara (eka,puji,intan), Sigara UNY (jumrotul, silvia, indah, rohman, septian), Bravo Sigara (Nia, Meigita, Akhsin) yang sebelumnya telah lolos seleksi Paper dengan sub tema Kepemimpinan, Partisipasi, dan Pemekaran Wilayah.
Pada hari pertama, acara Konnas dibuka dengan Gala Dinner. Pada kesempatan ini, tim delegasi UNY yang untuk pertama kalinya berpartisipasi dalam acara Konnas memperkenalkan diri dengan 11 tim delegasi dari Universitas lainnya.
Hari kedua tanggal 12 Maret 2013, diadakan conference plenary yang dibawakan oleh H.Ahmad Heryawan (Gubernur ProvinsiJ awa Barat) dengan sub tema kepemimpinan, Sad Dian Utomo (Perwakilan PATTIRO) dengan sub tema partisipasi, dan Ibu Tri Rismaharini (Walikota Surabaya) dengan sub tema pemekaran wilayah.Dalam acara ini, tim delegasi dari masing-masing universitas terlihat sangat aktif dan antusias dengan pemateri yang luar biasa. Selain itu, ada juga pemateri yang sangat luar biasa dari Khaira Al Hafi (Kepala Departemen Pendidikandan Keilmuan BEM UI) yang memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk menulis, Syaufan Rozi, S.IP, M.Si (Peneliti Madya IVc Pusat Penelitian Politik LIPI) yang memberikan materi tentang teknik kepenulisan, serta Fauzan Al Rasyid S.Sos (Public Speaker Trainer) yang memberikan materi tentang bagaimana teknik presentasi yang benar.
Pada Hari ketiga, tanggal 13 Maret 2013 diadakan acara Parallel Session dimana masing-masing peserta dikelompokkan berdasarkan sub tema dan harus mempresentasikan paper yang telah dibuatnya. Pada hari itu juga kami mendapat kejutan dari panitia dengan menghadirkan mantan orang No 2 di Indonesia Bapak Jusuf Kalla. Selain itu, pada saat pembacaan nominasi penghargaan salah satu tim delegasi dari UNY yaitu Sigara UNY juga mendapat sebuah anugerah sebagai the best paper  dengan sub tema kepemimpinan. Merupakan suatu anugerah yang luar biasa karena kami bias mengalahkan tim unggulan dari GAMAPI (UGM) dan juga Unair.
Pada Hari terakhir Konnas, kami melakukan perjalanan ke DPR RI dan disambut oleh Bapak Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, BC.IP.,M.Si selaku ketua komisi II DPR RI yang menangani masalah otonomi daerah. Dalam acara itu, Genut Wahyu Widiono selaku delegasi dari UNAIR sekaligus the best delegation menyampaikan draft kesimpulan hasil Konferensi Nasional III yang langsung mendapat tanggapan dari Bapak Agun. Setelah itu, kami digiring keruang pelantikan Presiden untuk melakukan sesi foto bersama.
Dalam acara Konnas ini, kami mendapatkan pengalaman yang sangat luarbiasa, selain mendapatkan ilmu tentang implementasi otonomi daerah di Indonesia, acara Konnas ini diharapkan dapat menjalin jaringan eksternal dengan teman-teman Ilmu Administrasi Negara dari universitas lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar