Rabu, 29 Januari 2014

Awal terbentuknya...

 
Awal terbentuknya Himpunan Mahasiswa (HIMA) Ilmu Administrasi Negara mengurai banyak fakta yang menarik. Perlu diketahui bahwa sebelumnya untuk organisasi mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara (Prodi IAN) bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran (HIMA P.ADP). Dari HIMA P.ADP inilah mahasiswa mahasiswi Prodi IAN mengenal dunia organisasi. Mereka diajarkan tentang apa itu organisasi kemahasiswaan, bagaimana sistem yang berada didalamnya, apa yang harus dilakukan, dan lain sebagainya. Namun, seiring berjalannya waktu mahasiswa mahasiswi Prodi IAN berinisiatif untuk membentuk organisasi sendiri. Hal ini dengan alasan:
1. Para mahasiswa Prodi IAN merasa memiliki identitas ke-IAN-an yang berbeda dengan Pendidikan Administrai Perkantoran.
2. Para mahasiswa Prodi IAN memiliki keinginan kuat untuk membuat wadah aspirasi khusus bagi para mahasisa mahasiswi Prodi IAN sendiri.
Dari alasan tersebut, maka dibentuklah TIM Formatur yang membuat AD/ART dan GBHK sebagai acuan bagi organisasi yang akan dibentuk. TIM Formatur dari AD/ART yang dibersamai oleh Yoga AnggaNugraha, Wahyudi Iman Satria, Heri Sudarmanto, Fariz Afifah, Mifta Damai Riyaningtyas,  Febrina Ida Sulistyowati. Sedangkan TIM Formatur dari GBHK yang dibersamai oleh Annisa Sari Utami, Irena Diyansaputri, Chabib Wijaya Hendra Adi Putra, Kriswantoro, Martino, Dea Merpatiasari, Adytya Yulianto. Hal ini TIM Formatur yang telah terbentuk langsung mengerjakan tugas masing-masing. Melalui berbagai pertemuan dan rapat bersama telah disetujui draf AD/ART dan GBHK yang nantinya akan disidangkan di Sidang Pleno.
Sidang Pleno ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 November 2010 bertempat di Ruang Ki Hajar Dewantara Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi. Ketua Pelaksana dalam Sidang Pleno ini adalah Irena Diyansaputri. Sedangkan sekretarisnya adalah Yoga Angga Nugraha dan seorang tangguh yang berperan sebagai perlengkapan adalah Heri Sudarmanto.Terakhir yang mengurus konsumsi adalah Febrina Ida Sulistyawati. Sidang ini membahas tentang perumusan hingga pengesahan GBHK dan AD/ART HIMA IAN. Oleh karena itu dipilihlah ketua sidang untuk memimpin jalannya acara. Ketua Sidang I adalah Martino, Ketua Sidang II adalah Wahyudi Iman Satria dan Ketua Sidang III adalah Wahyu Sedjati Ramadana serta notulennya adalah Fariz Afifah. Sidang pleno berlangsung sekitar 3 sampai 4 jam. Dimulai 08.00-12.00 WIB. Jumlah peserta sidang yang hadir yaitu 35 orang.
Setelah melaksanakan sidang pleno, maka waktunya untuk melaksanakan deklarasi lepasnya Prodi IAN dari organisasi kemahasiswaan HIMA P.ADP. Deklarasi ini dilaksanakan  pada hari Minggu, 12 desember 2010 di Ruang Cut Nyak Dien Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi. Ketua Pelaksana dalam acara deklarasi ini ialah Irena Diyansaputri. Sedangkan Ketua Formaturnya adalah Annisa Sari Utami. Untuk kepanitiaan yang lain yaitu Yoga Angga Nugraha sebagai perlengkapan dan pdd, Dea Merpatiasari sebagai Master of Ceremony, Utami Rahajeng sebagai Dirijen, Fariz Afifah dan Febrida Ida Sulistyawati sebagai sie. Konsumsi. Acara ini banyak dihadiri oleh para ketua ormawa yaitu Azwan Nurkholis (Ketua BEM FISE), Syarif Hidayatullah (Ketua HIMA Pendididan Ekonomi), dan Nuryanto (Ketua UKMF Screen) dan Heri Sudarmanto (Ketua HIMA P.ADP). Acara ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Muharis  serta sambutan-sambutan. Setelah itu ada pemotongan tumpeng oleh Pak. Sardiman AM, M.Pd selaku Dekan FISE sebagai tanda pengesahan bahwa HIMA IAN telah diresmikan. Pemotongan tumpeng tersebut diberikan oleh Pak. Sardiman AM, M.Pd kepada Pak.Yanuardi M.Si selaku Pembina Organisasi HIMA IAN. Acara ini dihadiri oleh sekitar 25 orang dari berbagai jurusan yang ada di FISE. Perwakilan statement mahasiswa dari Prodi IAN sendiri yaitu Fajrul Falah Muhammad Al-Husaini.
Ketika deklarasi sudah dikumandangkan, maka tibalah saatnya untuk mendapatkan Ketua HIMA IAN pertama. Proses mendapatkannya yakni dengan mengikuti alur pemilihan mahasiswa atau yang biasa disebut dengan pemilwa di UNY. Pada saat itu yang mencalonkan adalah Wahyudi Iman Satria dan Muharis, dan yang keluar sebagai pemenang adalah Muharis (Ketua HIMA IAN Pertama).

0 komentar:

Posting Komentar