Senin, 28 April 2014

Kerjasama Jurusan Ilmu Administrasi Negara FIS UNY dengan LOD, LOS dan Bappeda Sleman.

Kerjasama Jurusan Ilmu Administrasi Negara FIS UNY dengan LOD, LOS  dan Bappeda Sleman
Kerjasama antara IAN dengan LOD, LOS dan Bappeda Sleman merupakan bagian dari kerja laboratorium kebijakan yang dimiliki jurusan. Adapun terdapat dua fungsi daripada adanya lab kebijakan yaitu pembangunan dan governance. Adanya kerjasama ini merupakan wujud nyata kerja lab kebijakan sebagai pembangunan jaringan (network) dan pusat riset (penelitian). Sementara, pihak yang menjadi koordinator kerjasama ini yaitu Utami Dewi, MPP. Beliau mendapat amanah ini sejak tahun 2010. Dan sebagai koordinator governance dalam lab kebijakan yaitu Yanuardi, M.Si.
Awal jalinan kerjasama antara jurusan IAN dan LOD ketika beberapa orang dari LOD bersedia menjadi Guest Lecturer dalam matakuliah reformasi birokrasi, dengan dosen pengampu Yanuardi,M.Si. Kemudian terdapat tiga mahasiswa IAN angkatan 2009 yang melakukan magang serta penulisan skripsi di lembaga tersebut. Hal ini, memicu para dosen untuk menindaklanjuti hubungan baik ini dengan melakukan perjanjian tertulis melalui Perjanjian Kerjasama. Perjanjian tertulis ini belum lama dilakukan yaitu sekitar tahun 2013 tepatnya pada semester lalu dan akan berlangsung hingga 2015. Point-point dalam kerjasama ini meliputi magang, penelitian, dan Guest Lecturer atau pembicara. Adapun kerjasama dengan LOS belum terlaksana karena belum adanya penandatangan PK.
“Sementara, penandatangan kerjasama dengan LOS belum terselenggara karena sedikit gangguan dengan biaya penyelengaraannya”,papar Utami.
Adapun kerjasama dengan Bappeda Sleman yaitu dengan melibatkan dosen sebagai mitra penelitian. Kerjasama institusi berupa Mou tingkat universitas menjadi payung adanya kerjasama baik ini. Untuk jangka waktu kerjasama sesuai dengan biasanya Mou berlaku yaitu selama 5 tahun. Komunikasi yang selama ini dilakukan dengan melalui email. Untuk kendala yang dialami selama menjalin kerjasama dengan pihak-pihak tersebut yaitu  kendala relatif pada informasi. Terakhir, harapan adanya kerjasama ini dapat dimanfaatkan mahasiswa dengan baik dan mudah merealisasikan semua point-point dalam Perjanjian kerjasama tersebut.
“Harapan saya selaku dosen dan koordinator kerjasama ini yaitu lebih terealisasi point dalam Perjanjian kerjasama. Dan tidak terputusnya rantai kerjasama berkaitan magang, yang selama ini belum ada mahasiswa angkatan 2009 ke bawah untuk magang di LOD stelah faris dan ardiansyah. Selain itu, keberminatan LOD untuk melakukan pengabdian masyarakat bersama harus bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa”, papar Utami. (Ihda)

0 komentar:

Posting Komentar