Selasa, 20 Mei 2014

TRAINING OF TRAINER KPK FOR PUBLIC ADMINISTRATION’S STUDENTS





Training Of Trainer Komisi Pemberantasan Korupsi (TOT KPK) yang digelar Sabtu - Minggu (17-18/5) diadakan oleh divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara FIS UNY di Kampus Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY). Training of trainer KPK dengan tema “Membentuk Jiwa Administrator yang Berintegritas”  diperuntukkan bagi mahasiswa Ilmu Administrasi Negara FIS UNY. Adanya kegiatan seperti ini berkat telah terjalinnya kerjasama dengan KPK dan merupakan lanjutan kegiatan sebelumnya  tepatnya pada tahun lalu diadakan sosialisasi KPK. Untuk kuota peserta terbatas, hanya 50 orang yang mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan ini.   
Kegiatan ini berguna untuk memberikan bekal dan pedoman kedepannya bagi mahasiswa administrasi negara agar menjadi administrator yang berintegritas. Hal ini bermaksud memberikan pengetahuan dan pembekalan nilai-nilai integritas melalui permainan. Dengan memprioritaskan nilai jujur dan berani dalam melaksanakan tugas-tugas yang diamanahkan kepadanya. Harapan kedepannya agar mahasiswa administrasi negara FIS menjadi administrator yang berintegritas dan berkontribusi mewujudkan Indonesia lebih baik. Pelatihan ini dibersamai oleh Wuryono Prakoso dan Riyan selaku Spesialisasi Pendidikan dan Penyuluhan Masyarakat KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Pelatihan ini terdiri dari dua kegiatan di dalamnya yaitu pemberian materi dan permainan menumbuhkan imajinasi. Pemberiaan materi diberikan oleh kedua pembicara, Wuryono Prakoso dan Riyan. Sedangkan pemandu permainan banyak dipandu oleh Wuryono Prakoso.
Pemberian reward atau penghargaan diberikan kepada peserta yang aktif dalam mengikuti serangkaian kegiatan selama dua hari tersebut. Adapun reward yang diberikan memberikan rangsangan agar para peserta terus bersemangat untuk mengikuti acara ini. Selain itu, pemberian reward juga diberikan kepada kelompok yang dinilai aktif dan kompak serta memiliki nilai lebih dalam mengutarakan ide-ide mewujudkan indonesia lebih baik. Terbukti pada saat sesi permainan memunculkan gagasan dan harapan peserta untuk mewujudkan indonesia lebih baik, salah satunya pada sesi impian Indonesia 2045 terdapat gagasan memberikan pelayanan publik selama 24 jam ditunjang teknologi yang sudah canggih dan SDM berkualitas. Sehingga terwujudnya PRIMA (Pelaksanaan Revitalisasi Integritas dan Mental Administrator) akan lebih mudah.
Pada akhir acara serta sebagai penutup kegiatan TOT ini, Lena Satlita, M.Si selaku Kepala Jurusan Ilmu Administrasi Negara FIS UNY mengungkapkan terimakasih dan harapannya. ”Terimakasih atas kesempatan dari KPK memberikan TOT pada mahasiswa IAN kami untuk mendapat pelatihan seperti ini dan semoga kedepan mahasiswa kami menjadi administrator yang lebih berintegrasi, jujur dan berani bertindak dalam hal kebaikan sesuai dengan harapan kita semua. Semoga jalinan kerjasama ini akan terus berjalan hingga seterusnya dan akan ada tindakan lanjut secara riil dari pelatihan ini dengan kemasan yang lebih menarik lagi”. Papar Lena. [Ihda/San_]

0 komentar:

Posting Komentar