Senin, 13 Oktober 2014

HIMA IAN UNY Gelar Lomba Debat SMA Sederajat Se-DIY dan Sekitarnya


Sabtu-Minggu (11-12/10) Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (Hima IAN) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) menggelar Lomba Debat SMA/MA sederajat se-DIY dan sekitarnya. Lomba Debat memperebutkan Tropi Gubernur (Juara 1), Tropi Bupati Sleman (Juara 2), dan Tropi Dekan FIS UNY (Juara 3), serta ketiga juara mendapatkan uang pembinaan dan piagam.

Tema yang diangkat dalam Lomba Debat tahun ini “Potret Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi” diikuti oleh 18 tim meliputi: SMK N 1 Kasihan, SMA N 2 Bantul, SMA N 1 Pajangan, SMA N 4 Yogyakarta, SMA N 6 Yogyakarta, SMA N 9 Yogyakarta, SMA Bopkri 2 Yogyakarta, SMK N 3 Yogyakarta, SMA N 2 Wates, SMA IT Ikhsanul Fikri Magelang, dan SMA Taruna Nusantara Magelang. 

Hari pertama lomba bertempat di gedung perkuliahan Fakultas Ilmu Sosial UNY menyisihkan 8 besar. Diantaranya yang lolos delapan besar yaitu SMA Taruna Nusantara Magelang (2 Tim), SMA Negeri 6 Yogyakarta (2 Tim), SMA Bopkri 2 Yogyakarta (Tim B), SMK N 1 kasihan (Tim A), SMK N 3 Yogyakarta (Tim B), dan SMA N 1 Pajangan

Mosi yang disajikan meliputi; babak delapan besar “Pemerintah akan menghapuskan kurikulum 2013”, babak semifinal “Pemerintah akan menerapkan pajak untuk makanan cepat saji guna menurunkan perilaku konsumtif masyarakat”, babak grandfinal “Pemerintah akan menerapkan kembali pemilukada langsung sebagai implementasi negara demokrasi”.

Pada hari terakhir, babak semifinal dan grandfinal bertempat di Ruang Cut Nyak Dien FIS UNY. SMA Taruna Nusantara Magelang (Tim A) dan SMA N 6 Yogyakarta (Tim B) berada pada puncak pertandingan. Perdebatan berlangsung cukup panas, namun 2 tim tersebut merupakan tim unggul yang memang layak mencapai final. Terbukti dari argumen kuat yang berdasar dari keduanya.

Sampai tiba saatnya pengumuman pemenang, SMA N 6 Yogyakarta (Tim B) sebagai Juara 1, diikuti oleh SMA Taruna Nusantara (Tim A) dan SMA Taruna Nusantara (Tim B) sebagai Juara 2 dan Juara 3. Tim juri dihadirkan dari UKM Bahasa Asing SAFEL (Student Activity Forum of Foreign Languages) UNY, Mahasiswa dan dosen Ilmu Administrasi Negara UNY.

Akhir lomba debat ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa nasionalisme di kalangan remaja di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya, memberikan wadah bagi siswa SMA/SMK/MA untuk dapat mengemukakan pendapat melalui lomba debat, dan kemudian dapat memberikan sumbangsih kepada negara dalam menumbuhkan rasa nasionalisme dan kepedulian generasi muda terhadap bangsa dan negara. (tsani)


0 komentar:

Posting Komentar