Senin, 15 Desember 2014

Sigara Nandur Mangrove



Sabtu (13/12) berlokasi di Pantai Baros Tirtohargo Kretek Bantul, Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (Hima IAN) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) mengadakan tanam 115 bibit mangrove. Kegiatan yang bertajuk “Sigara Nandur Mangrove” dilaksanakan dalam rangka memperingati Dies Natalis Hima IAN UNY ke-4.
Ada 90 lebih mahasiswa dari Jurusan Ilmu Administrasi Negara (IAN) dan mahasiswa Kehutanan UGM yang turut berpartisipasi dalam acara ini. Acara ini tidak hanya melibatkan mahasiswa saja, namun juga masyarakat sekitar Baros. Penanaman mangrove ini bekerjasama dengan Kelompok Pemuda Pemudi Baros (KP2B).
Ketua KP2B, Dwi, dalam sambutannya menjelaskan tentang gambaran umum jenis-jenis mangrove, medannya, arahan bagaimana cara menanam mangrove yang benar, dan dilanjutkan sesi tanya jawab.
Mangrove merupakan ekosistem tumbuhan yang tumbuh di daerah pasang surut yang tergenang pada waktu pasang dan bebas dari genangan pada saat surut. “Ada empat jenis mangrove diantaranya yaitu: Bakau (Rhizopora), Api-api (Avicennia spp), Pedada (Sonneratia), Tanjang (Bruguiera). Api-api adalah jenis yang paling kuat untuk ditempatkan di bagian depan ekosistem mangrove dan Rhizopora lebih cocok untuk memperindah. Sebenarnya mangrove bisa ditanam diarea apa saja, seperti lumpur atapun pasir. Tinggal disesuaikan dengan jenis dan cara penanamannya”. Jelas Dwi.
 “Wilayah pantai selatan yang ekstrem membuat tumbuhan di ekosistem mangrove tidak tumbuh secara merata. Semisal menanam 100 dapat hidup 30 sudah merupakan hal yang bagus.” Terang Devi salah satu anggota KP2B yang juga sekaligus mahasiswa IAN UNY.
Ketua panitia Sigara Nandur Mangrove, Feby Wahyu S., menjelaskan bahwa agenda tanam mangrove selain mengetahui kawasan ekowisata mangrove juga bermanfaat untuk mahasiswa dapat mengetahui cara penanaman mangrove dengan benar dan ikut berperan aktif dalam penghijauan.
Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk membantu melakukan penghijauan di kawasan sungai Opak. Selain itu untuk menunjukkan bahwa mahasiswa Administrasi Negara juga cinta dan peduli terhadap lingkungan.
Kegiatan ini diharapkan dapat lebih menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan. Selain itu, semoga selanjutnya kegiatan penghijauan ini menjadi agenda rutin setiap tahunnya oleh Hima IAN UNY untuk kelestarian lingkungan hidup. (tsani)

0 komentar:

Posting Komentar