Minggu, 17 Mei 2015

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Raih Juara 1 dalam Kompetisi Nasional Call for Paper of Public Administration 2015

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta berhasil membawa pulang piala saat mengikuti lomba Call for Paper of Public Administration 2015 tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga Surabaya. Tim yang terdiri dari seorang mahasiswi dan mahasiwa Ilmu Administrasi Negara yaitu Avi Anasiya (Angkatan 2014) dan M. Robi’I (Angkatan 2012) ini telah membawa nama baik jurusan Administrasi Negara dengan prestasi yang sangat membanggakan. 
Avi dan Robi meraih Juara 1 yang mewakili Universitas Negeri Yogyakarta dan disusul oleh IPDN Jakarta sebagai juara 2, kemudian juara 3 sendiri diraih oleh tuan rumah yang menyelenggarakan kompetisi ini yaitu Universitas Airlangga Surabaya pada hari Senin tanggal 11 Mei 2015. Suatu kebahagiaan bagi keduanya karena bisa memenangkan lomba paper tingkat Nasional ini, apalagi mereka mengerjakan paper dalam waktu yang cukup singkat yaitu hanya dalam 5 hari saja. Apalagi judul yang diusung dalam paper ini cukup unik, yaitu “Hamemayu Hayuning Bawana sebagai Strategi Inovasi Pegembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta untuk Menghadapi ASEAN Economic Community 2015”. 
Robi mengaku sangat senang karena bisa memajukan nama baik jurusan dan juga Universitas Negeri Yogyakarta setelah beberapa kali gagal dalam kompetisi yang pernah diikutinya. “Saya sangat senang karena diberikan kesempatan untuk meraih juara 1, yang pastinya ini bukan hanya untuk Saya dan Avi tetapi kami persembahkan untuk jurusan tercinta dan alamamater kebanggan Universitas Negeri Yogyakarta,” ujarnya saat diwawancara. Robi mempunyai hobi membaca dan menulis, target membacanya dalam satu hari adalah membaca 50halaman setiap buku yang ia baca. Selain itu Robi juga menyukai bidang ilmu yang dikaji dalam jurusan Administrasi Negara seperti kebijakan publik, reformasi birokrasi, dan pembangunan budaya anti korupsi, tak heran jika Robi pernah menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan seminar nasional yang pernah diadakan oleh HIMA SIGARA FIS UY. 
Avi pun tidak kalah senangnya dengan Robi, karena ini merupakan pengalamannya yang pertama kali bisa masukbabak grand final. Berbeda dengan Robi yang pernah mengikuti kompetisi sampai babak penyisihan dan presentasi dalam lomba paper, bagi gadis kelahiran Batang, Jawa Tengah ini mengaku sangat senang karena baginya ini adalah pengalaman yang sangat luar biasa. “Ini adalah pengalaman pertama saya dan tentunya saya sangat senang bisa meraih juara 1 setelah gagal dalam kompetesi paper yang sebelumnya saya ikuti bersama Mas Robi juga,” ungkap gadis berparas cantik ini saat ditemui di Ruang Cut Nyak Dien FIS UNY. Avi merupakan mahasiswi aktif yang mengikuti berbagai organisasi dikampus, seperti Pramuka, Himpunan Mahasiswa, Magenta radio, dan juga Asisten Labroratorium jurusan Administrasi Negara. 
Dengan kemenangan yang mereka bawa, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa IAN yag lain agar dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga akan muncul generasi selanjutnya yang dapat melanjutkan jejak mereka baik dalam lomba bidang akademik maupun non akademik yang mampu berprestasi dengan kompetensi yang dimiliki setiap mahasiswa.

0 komentar:

Posting Komentar