Minggu, 17 Mei 2015

Training of Trainer Pendidikan Pengawasan Pemilu BAWASLU DIY

Kegiatan Training of Trainer Pendidikan Pengawasan Pemilu yang mengangkat tema “Pengawasan Kita Untuk Masa Depan Bangsa” berlangsung pada hari Jumat (8/5) bertempat di Ruang Kuliah G.02. 109, G.02. 103, dan G.02. 204 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan yang menjadi program kerja HIMA SIGARA atau dari divisi PSDM ini menghadirkan pembicara yang diundang secara langsung dari Badan Pengawas Pemilu DIY.Training of Trainer Pendidikan Pengawasan Pemilu ini merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa akan pentingnya pengawasan kita terhadap jalannya sebuah pemilu. Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 dan diawali dengan sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu Ainna Primeri Yosie Tarida yang mengutarakan dua hal penting dari tujuan pelaksanaan kegiatan ini, yang pertama adalah agar mahasiswa lebih berpartisipasi aktif dalam kegiatan pemilu, dan  yang kedua yaitu agar mahasiswa turut berperan serta dalam pengawasan pemilu. “Kita tahu bahwa pemilu merupakan salah satu wadah ataupun cara dimana kita memilih seorang calon pemimpin yang harapannya akan membawa kita pada kemajuan bangsa ini,” ujarnya saat memberikan sambutan di Ruang Kuliah G.02. 109. 
Kegiatan ini berlangsung dengan dua sesi kegiatan, yang pertama adalah sesi penyampaian materi dimana para peserta telah dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok yang bertempat di Ruang Kuliah G.02. 103 dan G.02. 204 dimana masing-masing ruangan terdapat salah satu pembicara dari bawaslu itu sendiri. Kemudian pada sesi kedua para peserta di training mengenai teknis pengawasan pemilu, cara melaporkan pelanggaran dalam pemilu, dan bagaimana menangani kasus pelanggaran pemilu. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat melatih mahasiswa agar turut serta dalam mengawasi jalannya pemilu, dan juga mahasiswa yang telah mengikuti training P3 ini dapat menekan angka kecurangan yang terjadi saat pemilu. 
Kegiatan ini tentunya sangatlah positif, kita sebagai mahasiswa memang harus berperan aktif dalam kegiatan pemilu dan dengan adanya kegiatan training ini dapat menggerakkan mahasiswa untuk lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengawasan pemilu.

0 komentar:

Posting Komentar