Selasa, 29 September 2015

Qurban Hima Sigara UNY dalam Hari Raya Idul Adha



Hari Raya Idul Adha memang sudah identik dengan sebutan Hari Raya Idul Qurban. Hal itu memang sudah lumrah dikalangan kaum muslimin, karena pada hari raya ini banyak umat muslim yang melaksanakan tradisi qurban yaitu menyumbangkan hewan ternak (berupa sapi, domba atau kambing) untuk disembelih dan nantinya dibagikan kepada kaum muslimin lain yang memang pantas menerimaya. Kegiatan ibadah tersebut dilakukan untuk memperingati peristiwa sejarah Nabi Ibrahim yang diuji ketaqwaan dan cintanya kepada-Nya dengan diperintahkan untuk menyembelih  putranya Nabi Ismail AS. Selain itu ibadah ini dilaksanakan tidak lain semata-mata sebagai wujud bakti seorang hamba kepada sang penciptanya.
Tak ingin kelewatan momentem ibadah mulia ini, mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Negara (IAN) UNY mempunyai inisiatif untuk ikut andil menyumbangkan hewan qurban. Pada Hari Raya Idul Qurban 1436 H. alhamdulilah, mahasiswa jurusan IAN telah berhasil membeli seekor kambing yang disumbangkan kepada Takmir Masjid Al-Falah untuk diqurbankan nantinya. Kegiatan ibadah sekaligus kegiatan sosial ini didanai dari sumbangan seluruh mahasiswa jurusan IAN angkatan 2015, 2014 dan 2013 yang dikomandoi oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu administrasi Negara (HIMA SIGARA). “Kegiatan ini merupakan pelatihan bagi kami selaku mahasiswa untuk menciptakan insan muda yang religius dan taqwa kepada sang Khaliq serta dilain itu kami berusaha membiasakan diri untuk peduli terhadap sesama” ujar Ahmad Humaidi selaku Ketua HIMA SIGARA 2015.

Kegiatan Penyembelihan Qurban dilaksankan Kamis (24/9) setelah shalat idul Adha, tepatnya jam 10.00 pagi yang bertempat di halaman rumah Ketua Takmir Masjid Al-Falah dengan disaksikan langsung oleh sebagaian mahasiswa IAN. “Kami senang bisa membantu adik-adik mahasiswa dari jurusan IAN UNY yang menyumbangkan qurban di masjid kami. Semoga amal adik-adik diterima oleh Allah dan semoga adik-adik bisa menjadi manusia yang sukses dan tetap bertaqwa selalu” Terang Bapak Slamet Hambali, M.Pd yang merupakan Ketua takmir Masjid Al-Falah.  Rasa syukur seluruh mahasiswa IAN atas suksesnya niatan mereka untuk melaksanakan qurban yang hal ini merupakan salah satu ibadah sunnah muakkad (dianjurkan), dan salah satu pembuktian ketaatan mereka kepada Allah SWT sebagai bentuk bakti dan niat mendekatkan diri kepada sang penciptanya. Semoga Allah menerimanya. Amien.

0 komentar:

Posting Komentar