Selasa, 13 September 2016

SIGARA BERQURBAN 2016


           
                Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1437 H kali ini jatuh pada hari Senin, 12 September 2016. Seperti pada umumnya, hari raya ini identik dengan penyembelihan hewan qurban untuk memperingati peristiwa sejarah Nabi Ibrahim yang diuji ketaqwaan dan cintanya kepada-Nya dengan diperintahkan untuk menyembelih  putranya Nabi Ismail AS. Selain itu ibadah ini dilaksanakan tidak lain semata-mata sebagai wujud bakti seorang hamba kepada sang penciptanya.
Kali ini Mahasiswa Jurusan Ilmu Admiistrasi Negara melalui Divisi Penellitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) Himasigara 2016 mampu berpartisipasi kembali dengan berqurban melalui satu kambing yang disalurkan ke Takmir Masjid Al-Falah, Gang Wisnu. Pelaksanaan "Sigara Berkurban" kali ini dilaksanakan karena selain sebagai wujud bakti kepada Allah SWT, yaitu juga karena terdapat banyak manfaat yang dapat diperoleh yaitu :
1. Menghidupkan sunnah nabi ibrahim
2. Mendidik jiwa ke arah taqwa dan mendekatkan diri kepada Allah
3. Mengikis sifat tamak & mewujudkan sifat murah hati dan berjihad di jalan Allah
4. Menghapuskan dosa dan mengharap keridhaan Allah
5. Menjalinkan hubungan kasih sayang sesama manusia

              Menurut Rikajeng Lestari Dewi selaku Ketua Pelaksana Sigara Berkurban, proses penyembelihan hewan qurban tersebut berjalan dengan lancar yang dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 11.00 WIB. Rika juga mengungkapkan bahwa semoga pada kesempatan hari raya idul adha yang akan datang, jurusan IAN dapat menyelenggarakan kegiatan "Sigara Berkurban" kembali. Diharapkan juga dengan adanya kegiatan tersebut, kita mampu menyembelih sifat-sifat buruk binatang yang ada dalam diri kita, serta janganlah kita mampu terkena bujukan syetan akan tetapi budayakan sifat-sifat  manusiawi dan ikuti firman Allah SWT. Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan "sigara berkurban" jurusan IAN uny dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan dapat membuat diri kita tidak terlalu mengagungkan hal-hal yang bersifat duniawi. (-mda)

0 komentar:

Posting Komentar