Jumat, 21 Oktober 2016

LTF 2016


Sudah sewajarnya apabila adanya Ospek Jurusan terselenggara setiap tahunnya dimana bertujuan untuk membentuk orientasi awal perkuliahan dan mengenalkan kepada mahasiswa baru mengenai seluk beluk dunia perkuliahan yang sesungguhnya. Namun, bagaimana dengan interaksi antara mahasiswa baru yang satu dengan yang lainnya? Dengan latarbelakang inilah yang kemudian menginisiasi HIMASIGARA untuk menyelenggarakan Leadership Training and Familirity (LTF) 2016. Acara ini tidak lain dan tidak bukan bertujuan untuk membentuk karakter kepemimpinan yang baik diantara mahasiswa baru Jurusan IAN. Tidak hanya itu, LTF juga dapat menjalin interaksi, komunikasi, dan tentunya keakraban di antara mereka,

Acara yang dilaksanakan selama dua hari satu malam pada tanggal 10-11 September 2016 tersebut bertempat di Wisma PU Pasanggrahan Kaliurang. Terbagi menjadi delapan gugus, para mahasiswa sangat antusias di dalam kegiatan tersebut. Kegiatan dimulai dengan pemberian materi penelitian oleh Dosen IAN dan sekaligus membuka acara serta pelepasan. Setelah itu, games pun tetap selalu mengiringi berjalannya acara. Kemudian acara dilanjutkan dengan perkenalan panitia dan pengurus HIMASIGARA. Pada sore hari dilanjutkan dengan tracking. Selanjutnya pada malam hari dilanjutkan dengan pentas seni dan tidur malam. 

Pada hari selanjutnya dibuka dengan senam pagi dan sarapan yang dilanjutkan dengan presentasi hasil observasi singkat selama tracking pada hari pertama yang dilakukan oleh mahasiswa baru. Hasil observasi singkat tersebut kemudian dituangkan ke dalam media presentasi yang lebih mudah dipahami. Dengan bermodalkan spidol dan kertas manila putih, kelompok observasi singkat yang telah diacak dari gugus sebelumnya tersebut satu persatu memaparkan presentasi mereka dengan juri oleh Bapak Pandhu Yuanjaya, MPA selaku dosen IAN.  Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sharing bersama DPO (Dewan Pertimbangan Organisasi) yang diisi dengan diskusi materi ataupun isu yang sedang hangat diperbincangkan oleh kalangan masyarakat sekitar maupun Indonesia. 

Ari Fadli Putra selaku ketua pelaksana menuturkan bahwa LTF pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, kami menyelipkan konsep peneliti muda pada acara tersebut sehingga kami mengharapkan bahwa pada tahun-tahun berikutnya, mahasiswa baru yang notabennya dapat memajukan Jurusan Ilmu Administrasi Negara dengan karya-karya tulis yang ditulis terus-menerus ke depannya. Diharapkan pula dengan acara tersebut, mahasiswa baru Jurusan IAN dapat meningkatkan rasa solidaritas antar sesama mahasiswa baru ataupun civitas akademika lain di Jurusan Ilmu Adminitrasi Negara. Bravosigara! 

0 komentar:

Posting Komentar