Jumat, 21 Oktober 2016

OSPEK JURUSAN ILMU ADMINSTRASI NEGARA








           Awal tahun perkuliahan memang sudah lazimnya terselenggara OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus)di setiap universitas di seluruh pelosok nusantara dengan bertujuan untuk membentuk orientasi awal dan mengenalkan kampus serta dunia perkuliahannya pada mahasiswa baru. Tak terkecuali dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Pada tahun 2016 ini, setiap fakultas dan masing-masing jurusan di UNY siap mengantarkan mahasiswa barunya ke jenjang yang lebih tinggi lagi. 

  Seperti halnya Jurusan Ilmu Adminitrasi Negara, pada tahun 2016 kembali melaksanakan OSPEK Jurusan seperti tahun-tahun sebelumnya. OSPEK Jurusan Ilmu Adminitrasi Negara diselenggarakan pada hari ke-empat dari OSPEK Universitas, yakni pada tanggal 25 Agustus dengan tema “Membentuk Administrator Muda yang Berbudaya Sebagai Wujud Gerakan Mahasiswa Emas Indonesia”. Bertempat di Taman Pancasila Universitas Negeri Yogyakarta , OSPEK Jurusan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB tersebut diikuti oleh 87 orang dari 90 mahasiswa baru Jurusan Ilmu Administrasi Negara 2016.

Konsep acara ospek pada tahun 2016 ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Pada awal acara, mahasiswa baru diajak untuk jalan-jalan mengitari kampus FIS dan kelas yang akan digunakan untuk pembelajaran. Selanjutnya yaitu sambutan oleh ketua Ospek Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Sashia Forenzka kemudian ketua HIMA IAN, Syamsul Arifin dan yang terakhir yakni oleh Kajur IAN Bapak Drs. Argo Pambudi, M.Si sekaligus untuk membuka acara. Setelah pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan dosen dan dilanjutkan dengan sharing bersama DPO (Dewan Pertimbangan Organisasi) dan KAMNIGARA (Keluarga Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara). Acara dilanjutkan dengan games dan diskusi bersama satu gugus yang membahas tentang isu-isu yang sedang hangat di kalangan masyarakat Indonesia. Acara yang paling terakhir yakni MABA AWARD dimana mahasiswa yang aktif dan tergolong ke dalam nominasi dan gugus pemenang game kemudian diberikan hadiah. Lalu setelah itu, ditutup oleh MC. Namun, sebelum ditutup, acara masih berlanjut dengan video persembahan dari panitia kepada mahasiswa baru.

Menurut ketua pelaksana, Sashia Forenzka Maydiena, dengan adanya Ospek Jurusan pada tahun ini dapat mengantarkan para mahasiswa baru Jurusan Ilmu Administrasi Negara menuju dunia perkuliahan yang sangat jauh berbeda dari atmosfir dunia sekolah. Sementara itu, menurut Syamsul Arifin selaku ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara dengan adanya Ospek Jurusan tersebut mahasiswa baru dituntut untuk mampu beradaptasi dengan cepat pada dunia perkuliahan salah satunya yakni melalui Ospek Jurusan. Melalui ospek pula, mahasiswa baru belajar untuk mampu berfikir kreatif, solutif, dan inovatif di dalam menghadapi segala sesuatu. Wahyu Purnama Sidik selaku mahasiswa baru juga sangat merasa senang dengan adanya Ospek Jurusan tersebut. Menurutnya, dengan adanya Ospek, semua civitas akademika Jurusan Ilmu Administrasi Negara dapat mengenal lebih baik satu sama lain dan mampu menjalin hubungan yang bersinergi untuk ke depannya mampu dicapai tujuan ataupun visi dan misi dari Jurusan Ilmu Administrasi Negara sendiri
.
Selamat datang mahasiswa baru Jurusan Ilmu Administrasi Negara 2016! Bravo Sigara!

0 komentar:

Posting Komentar