Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta

Jumat, 23 Agustus 2019

PKKMB Administrasi Publik Sebagai Ajang Kedekatan antara Dosen dan Mahasiswa



Hello semuanya kali ini mimin mau menceritakan nih tentang kegiatan PKKMB ? sebelumnya sudah pada tahukan PKKMB itu apa ? yaps, PKKMB itu Program Pengenalan Kehidupan Bagi Mahasiswa Baru.Di UNY Pkkmb ini berlangsung kurang lebih selama 1 minggu kegiatan tersebut terdapat berbagai kegiatan yaitu pengenalan pada tingkat universitas yang dilakukan di gor ,fakultas,serta pada jurusanya.Sebelum mahasiswa baru diwajibkan mengikuti kegiatan tersebut mereka diwajibkan untuk mengikuti serangkaian kegiatan .Pada tahapan pertama mahasiswa jalur SNMPTN dan SBMPTN melakukan kegiatan PIM atau Pusat Informasi Mahasiswa. PIM ini merupakan serangkaian kegiatan PKKMB yang berguna untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru  tentang organisasi dan kegiatan baik akademik maupun non akademik yang ada di dalam kampus. Selain informasi melalui kegiatan PIM ini mahasiswa baru menjadi lebih mengenal tentang organisasi jurusan dan dapat berkenalan dengan kakak tingkat dan juga teman baru. 
Acara PIM itu sendiri diadakan dua kali yaitu untuk PIM pertama untuk mahasiswa baru jalur SNMPTN dan SBMPTN dan  yang kedua  untuk jalur SM. Tidak ada yang dibedakan dari kedua PIM tersebut. Semua rangkaian acara dan informasi yang diberikan sama. Mahasiswa baru dikumpulkan menurut jurusanya masing-masing. Setelah itu melakukan regristrasii terlebih dahulu dan dikumpulkan pada tengah taman pancasila dan setiap jurusan yang ada menampilkan  hiburan. Setelah itu mahasiswa baru di arahkan ke UKM seperti AL- Islah, UKM Screen, dll. hal ini diharapkam membuat mahasiswa baru menjadi mahasiswa yang aktif di kampus. Setelah itu mahasiswa baru di arahkan ke jurusan masing – masing hal ini berfungsi sebagai pengenalan dan juga memberikan informasi kepada mahasiswa baru. 
Selain technical meting di fakultas mahasiswa baru juga mendapatkan technical meting di jurusan. Dalam hal ini  Techincal meeting atau TM ini berfungsi juga untuk memberikan pengenalan dan apa saja yang harus dipersiapkan pada saat PKKMB jurusan. PKKMB merupakan rangkaian urutan acara untuk memperkenalkan kepada Mahasiswa Baru mengenai lingkungan kampus. PKKMB jurusan ini berlangsung hanya satu hari yaitu pada tanggal 22 Agustus 2019 dalam hal ini mehasiswa baru diberikan penugasan yang diberitahu pada saat technical meeting. Pada saat Technical Meeting mahasiswa  dibagi setiap kelompok / gugus . Mahasiswa baru juga  diberikan penugasan untuk membawa barang baik barang pribadi maupun kelompok. Hal ini berfungsi untuk memberikan rasa tanggung jawab dan memupuk kekompakan di setiap gugus yang sudah ditentukan. Selain itu ada beberapa barang yang akan didonasikan untuk amal. Acara PKKMB jurusan ini turut dihadiri oleh dosen-dosen Administrasi Publik dan kakak-kakak lulusan dari jurusan Administrasi Publik. Sehingga mahasiswa baru menjadi tahu dan mengenal dosen – dosen dari Administrasi Public dan juga bagaimana nanti ketika lulus dari Admnistrasi Publik.  Hal ini dapat memupuk rasa cinta dan bangga terhadap jurusan.

 Selain itu mahasiswa baru juga mendapat hiburan sehingga PKKMB ini merupakan acara yang seru seru untuk diikuti dan tidak menjadi beban oleh mahasiswa baru itu sendiri. Acara dari PKKMB jurusan ini sendiri di awali dengan penjemputan Mahasiswa Baru di Taman Pancasila dan menuju Ruang 6. Setelah sampai di depan Ruang 6 dilakukan cek penugasan dari kakak kakak PK. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Maba Journey, Maba Journey sendiri adalah acara yang dibuat untuk mahasiswa baru Administrasi Publik agar lebih mengenal ruang kelas serta Lab. dari Jurusan Administrasi Publik sendiri. Acara selanjutnya adalah Welcoming Party yang dipandu oleh Kak Bayu dan Kak Erli sebagai MC dari PKKMB jurusan. Selanjutnya dilanjutkan dengan acara Brownis, yaitu acara talkshow dengan beberapa pembicara, pembicara pertama adalah Ketua Pelaksana PKKMB jurusan dan Ketua HMAP. Selanjutnya dilanjutkan pembicara dari kakak-kakak Kamnigara, setelah selesai dilanjut dengan kakak kakak dari DPO HMAP dan dari dosen dosen jurusan Administrasi Publik, lalu acara dilanjutkan dengan penampilan kocak dari Stand Up Comedy UNY.
 Setelah selesai Ishoma acara dilanjut dengan games games seru dan nonton bareng after movie selama persiapan PKKMB dari awal PIM sampai pada TM 3 Fakultas, lalu acara dilanjutkan dengan awarding bagi mahasiswa baru Administrasi Publik. Sebagai penutupan acara PKKMB jurusan Administrasi Publik kakak kakak panitia memberikan kejutan untuk mahasiswa baru dan di akhiri dengan flashmob seperti pada acara FGM. Selanjutnya para mahasiswa baru diantar kembali ke Taman Pancasila untuk melanjutkan acara PKKMB di Fakultas.


0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List



Support